Mundur dari Meta Facebook, Wanita Ini Sudah Raup Cuan Rp 23 T

Jakarta, CNBC Indonesia – Sheryl Sandberg, telah mantap meninggalkan perusahaan yang ia besarkan, Meta. Mundur dari Meta, ia didapuk sebagai salah satu wanita dengan profil tertinggi dan paling sukses di bidang teknologi.

Sandberg mengumumkan baru-baru ini bahwa dia mengundurkan diri dari perannya sebagai chief operating officer setelah 14 tahun di Meta, sebelumnya dikenal sebagai Facebook. Sandberg akan tetap berada di dewan perusahaan media sosial tersebut.

Kekayaan Sandberg diperkirakan mencapai US$1,6 miliar (sekitar Rp 23 triliun), menurut Forbes. Ini menjadikannya wanita terkaya kedua di bidang teknologi setelah Meg Whitman. Whitman sebelumnya memegang posisi teratas di Hewlett Packard Enterprise dan diperkirakan bernilai US$3,2 miliar.

Sandberg juga merupakan salah satu pemegang jabatan non-CEO dan non-founder yang langka untuk menjadi miliarder.

Sementara banyak eksekutif perusahaan cenderung mempertahankan sebagian besar saham mereka sebagai tanda kepercayaan pada perusahaan, Sandberg malah menjual saham Facebook (sekarang Meta) yang agresif dan konsisten.

Selama dekade terakhir, Sandberg telah menjual lebih dari 75% saham setelah pajaknya melalui program penjualan saham yang dijadwalkan secara teratur. Secara total, dia menjual lebih dari 22 juta saham seharga lebih dari US$1,7 miliar (Rp 24 triliun), menurut perusahaan analitik VerityData.

Bergantung pada perlakuan opsi dan penjualan saham terbatas, totalnya sebenarnya bisa lebih tinggi, menurut perusahaan analitik lain, Smart Insider, yang menghitung penjualan sahamnya mendekati US$1,9 miliar (sekitar Rp 27 triliun).

“Penjualannya selama dekade terakhir menjadikannya salah satu penjual orang dalam terbesar di perusahaan AS mana pun,” kata Ben Silverman, direktur penelitian di VerityData.

Seorang juru bicara Sandberg mengatakan dia mengakuisisi 48 juta unit saham terbatas, opsi dan saham selama ia bekerja di perusahaan. Sekitar 20 juta nya dijual untuk pajak, dan dia menjual 22 juta dari sisa 28 juta melalui program penjualan 10b5-1 pra-jadwal.

Sandberg menguangkan saham dengan berbagai harga saat saham Facebook melonjak. Harga saham pada US$38 per saham dalam penawaran umum perdana perusahaan pada 2012 dan mencapai puncaknya di atas US$382 per saham pada bulan September.

Rata-rata harga jual saham Sandberg selama dekade terakhir adalah US$79,10 per saham, menurut VerityData, dengan penjualan terbarunya pada Oktober 2019.

(roy/roy)
Source : CNBC Indonesia

Recent News